Sunday, July 30, 2017

CARA MEMBUAT POWERBANK SENDIRI REAL KAPASITAS


CARA MEMBUAT POWERBANK SENDIRI REAL KAPASITAS - Tuntutan kerja dengan mobilitas yang tinggi membuat kita membutuhkan Sumber Daya yang ekstra pula. Bukan hanya sekedar menguras stamina, bekerja dengan mobilitas yang tinggi juga menguras daya dari Smartphone kita. Bagaimana tidak...hampir semua pekerjaan di Era milenial ini membutuhkan Smartphone untuk menunjang aktifitas meskipun hanya untuk sekedar komunikasi. Mengingat pentingnya peran dari Smartphone dalam menunjang aktifitas. Bisa di bayangkan jika Smartphone yang seharusnya membantu pekerjaan tidak berguna karena kehabisa baterai. Hal ini lah yang mewajibkan seseorang dengan mobilitas tinggi membutuhkan PowerBank untuk menyuplai Daya Power Smartphone nya. Namun sayang seiring dengan trend pengunaan PowerBank, banyak pula distributor-distributor bandel yang mengeluarkan product abal. Dengan iming-iming harga murah anda sudah bisa membawa pulang PowerBank dengan kapasitas besar. Namun sayang PowerBank yang beredar di pasaran dengan harga murah tersebut jauh dari ekspetasi, karena sebenarnya kapasitas yang di berikan tidaklah sebesar yang tercantum di Casing'nya. Bahkan hanya dalam hitungan bulan,PowerBank abal ini sudah tidak bisa di gunakan lagi. Memang sih... Ada harga ada kualitas.

Untuk mendapatkan PowerBank dengan real kapasitas sendiri kita harus merogoh kocek dalam. Powerbank dengan kapsitas 5200 mAh biasanya di jual dengan harga di angka Rp100.000,- Namun bagi kalian yang mempunyai SmartPhone keluaran terbaru tentu saja PowerBank dengan kapasitas 5200mAh tidaklah cukup untuk menunjang aktifitas anda.Smartphone keluaran terbaru yang beredar di pasaran biasanya menggunakan baterai dengan kapasitas di atas 4000mAh. Terlebih jika anda adalah seorang petarung jalanan (bukan petarung dalam arti perkelahian) atau yang lebih di kenal dengan Kang Ojek Online. Tentunya anda membutuhkan PowerBank dengan kapasitas besar,setidaknya 10000mAh. Smartphone Ojek Online memang sangat menguras baterai karena banyak aplikasi yang berjalan untuk menunjang pekerjaan,seperti halnya GPS dengan keakuratan tinggi. Namun untuk membeli PowerBank dengan real kapasitas 10000mAh setidaknya kita harus mengeluarkan uang di atas 200rb bahkan bisa menyentuh angka 300rb'an. Namun tenang saja di artikel ini saya akan berbagi pengalaman saya membuat PowerBank sendiri dengan real kapasitas.
Untuk membuat PowerBank sendiri dengan real kapasitas anda tidak di wajibkan mempunyai keterampilan dalam solder menyolder.Tidak pula di wajibkan mempunyai pengetahuan di bidang elektronika. Yang kita butuhkan di sini hanyalah casing PowerBank yang baterainya di copot pasang. Nama casing ini adalah AILI. Di sini yang saya gunakan adalah AILI dengan 4 baterai. 


Saya pun membenamkan 4 baterai type 18650 @2600 mAh dengan output 5A. Jadi jika di kalikan 4 PowerBank buatan sendiri ini mempunyai kapasitas 10400mAh.Baterai type 18650 ini adalah baterai yang biasa di gunakan untuk baterai laptop atau lebih sering di jumpai untuk baterai Vapor. Namun untuk baterai vapor biasanya mempunyai Output 40A. Untuk mendapatkan baterai jenis ini cukup mudah. Anda bisa membongkar baterai laptop yang sudah tidak terpakai,namun pastikan baterai tersebut masih dalam kondisi baik. Saya sendiri memilih untuk membeli baterai ketimbang memakai copotan baterai laptop agar menghasilkan kapasitas yang real. Untuk Case AILI anda bisa membelinya di Jakmall (Jakmall harga lebih murah ketimbang di olshop lainnya) sedangkan baterai anda bisa membelinya di Tokopedia. Di bawah ini akan saya berikan link tokonya agar kalian mudah menemukannya.
oke sekarang akan kita kalkulasikan berapa biaya yang di keluarkan untuk membuat Powerbank dengan real kapsitas.
BARANG HARGA ONGKIR LOKASI TOKO
CASE AILI Rp 63.100,- Rp 9.000,- (JNE) JAKARTA
BATERAI SONY 18650 Rp 56.000,- Rp 9.000,- (JNE) JAKARTA
TOTAL Rp 137.100,-
Harga yang saya cantumkan di atas adalah harga ketika artikel ini di buat. Harga bisa saja berubah & untuk ongkir tentunya akan menyesuaikan lokasi anda. Dengan Rp 137.100,- kita sudah bisa memiliki PowerBank real kapasitas. Cukup hemat kan... ketimbang kita harus beli PowerBank dengan harga di atas 200rb. Jika baterai kalian sudah rusak kalian juga bisa mereplacenya dengan baterai yang baru. Case AILI ini mempunyai Lampu indikator baterai jadi kalian bisa melihat di lampu jika baterai sudah mulai berkurang. Jika kalian charge pun bisa melihat pada lampu indikatornya jika baterai sudah terisi penuh. Untuk Outputnya bisa di seting dari 0.5A/1A/2A. Case AILI ini juga menyediakan Output cable 2 buah. Sehingga anda bisa melakukan charging 2 perangkat Smartphone sekaligus. Untuk pengisian Dayanya menggunakan Cable micro usb layaknya charge yang beredar di pasaran.Seperti halnya PowerBank pada umunya case AILI juga di lengkapi dengan lampu LED yang bisa di gunakan untuk penerangan saat keadaan darurat. karena baterai yang di gunakan jenis baterai 18650 case AILI ini juga bisa di gunakan untuk Charge baterai Vaporizer kalian, lebih aman pastinya ketimbang melakukan charge langsung di Mod vaporizer kalian. 





Demikianlah artikel saya tentang CARA MEMBUAT POWERBANK SENDIRI REAL KAPASITAS. Jika ada pertanyaan seputar artikel ini,kalian bisa menuliskannya di kolom komentar. Jika menurut kalian artikel ini bermanfaat silahkan Share melalui tombol di bawah ini. Terima kasih sudah membaca artikel ini.

Blog ini di buat karena ketertarikan dan minat kami terhadap Website dan juga sebagai Media Sosial untuk berbagi Tutorial dan menyampaikan informasi.

Peraturan berkomentar di Clickbait Blog :
1. Tidak boleh SPAM, link aktif atau tindakan promosi situs dan lainnya akan dianggap SPAM.
2. Tidak boleh menyebarkan SARA dan Pornografi.
3. Gunakan kata-kata yang sopan dan sesuai tata bahasa indonesia yang baik dan benar agar mudah dibaca oleh admin dan komentator lainnya.
4. Checklist Notify Me untuk mendapatkan notifikasi balasan dari Admin.


EmoticonEmoticon